Mencatat Pesanan Pelanggan (versi lengkap)

February 6, 2020

1.  Pilih Menu Penjualan

2.  Pilih Sub Menu Pesanan Pelanggan

3.  Cari atau Tambah Pelanggan dan Sales (opsional)
Untuk menambah Pelanggan lewat Menu Pesanan:

  • Data wajib yang harus di input untuk pelanggan baru hanya Nama
  • Bila ingin mengirimkan E-invoice, Nama dan nomor WA pelanggan harus di input
  • Pilih Simpan

4.  Masukkan Nama Produk atau Barcode Produk yang ingin dicatat pesanannya

5.  Masukkan Jumlah Produk

6.  Pilih +Diskon (per produk) dan Pilih tipe diskon (per produk) yang diinginkan

  • Diskon %
  • Potongan harga
  • Gratis Produk
  • Diskon % +%
  • Pilih Simpan

7.  Pilih +Catatan (opsional) untuk memasukkan permintaan khusus dari produk.
Catatan yang dibuat dapat disimpan dan dipergunakan untuk transaksi yang lain.
Contoh: produk Ayam Geprek. Catatan nya: Pedas Level 5

8.  Pilih Diskon Per Invoice untuk memberikan diskon bagi keseluruhan nominal total invoice.

  • Diskon %
  • Diskon % + %
  • Pilih Simpan

9.  Pilih More, lalu pilih Ongkos Kirim jika ingin memasukkan biaya ongkos kirim

  • Kurir dalam dan masukkan jumlah nominal nya, jika pengiriman dilakukan oleh staff toko
  • Kurir luar jika pengiriman dilakukan oleh mitra pengiriman. Pilih Kurir dan Jenis layanan kurir. Harap berat produk serta alamat lengkap tujuan pengiriman, terlebih dahulu dilengkapi di Menu Produk dan Menu Pelanggan
  • Pilih Simpan

10.  Pilih More, kemudian Pilih Catatan Transaksi (opsional), berfungsi untuk memberi keterangan dari pesanan tersebut, contoh: PO 3 nov 2019, diambil gojek, dll

11.  Pilih Simpan

12.  Masukkan Nama Pesanan (optional). Dapat digunakan untuk mencatat no meja (usaha F & B), no member keanggotaan atau kode unik lainnya

13.  Pilih Bayar Uang Muka

14.  Pilih Tipe Pembayaran

15.  Masukkan Catatan Pembayaran (opsional). Contoh: nama bank dari kartu debit yang digunakan untuk pembayaran (BCA, Mandiri, dll)

16.  Pilih/masukkan nominal uang yang diterima

17.  Pilih Selesai

18.  Transaksi sukses. Muncul Nomor SO atau Nomor Pesanan beserta jumlah sisa pembayaran. Selanjutnya pilih:

  • Kontrak Baru bila ingin mencatat pesanan yang lain
  • Pilih Jenis Kertas dan Cetak Invoice untuk mencetak dokumen pendukung pesanan
  • Share E-invoice untuk mengirimkan invoice pesanan ke nomor WA pelanggan

Apakah artikel ini membantu ?

Belum menemukan yang Anda cari ?

Kami dapat membantu Anda

Copyright PT. Rapupa Guna Teknologi 2019