Membuat Transaksi Penjualan (versi lengkap)

March 5, 2024

1.  Pilih Menu Penjualan

2.  Pilih Sub Menu Penjualan

3.  Cari atau Tambah Pelanggan (opsional).
Untuk menambah Pelanggan lewat Fasilitas Kasir: Pilih Icon Tambah

  • Data Wajib yang harus di input untuk pelanggan baru hanya Nama
  • Bila ingin mengirimkan E-Invoice, Nama dan Nomo WA pelanggan harus diinput
  • Klik Alamat untuk melengkapi data pelanggan seperti alamat, NIK, dan NPWP
  • Pilih Simpan

4.  Masukkan Nama Produk atau Barcode Produk yang ingin ditransaksikan

5.  Masukkan Jumlah Produk

6.  Pilih Harga Jual yang diinginkan.
Apabila Anda telah melakukan pengaturan harga bertingkat pada Fasilitas Produk, maka akan muncul pilihan harga jual bertingkat.

7.  Pilih tipe diskon (per produk) yang diinginkan:

  • Diskon %
  • Gratis Produk
  • Diskon % +%
Lalu isi nominal diskon yang ingin diisi. Atau bisa langsung mengisi nominal Potongan Harga

8.  Pilih +Catatan (opsional) untuk memasukkan permintaan khusus dari produk.
Catatan yang dibuat dapat disimpan dan dipergunakan untuk transaksi yang lain.
Contoh : Produk Ayam Geprek. Catatan nya: Pedas Level 5

Lakukan point no 4, 5, 6, 7 dan 8 untuk semua produk yang ingin ditransaksikan

9.  Pilih Ongkos Kirim jika ingin memasukkan biaya ongkos kirim. Anda dapat memilih:

  • Kurir dalam dan masukkan jumlah nominal nya, jika pengiriman dilakukan oleh staff toko
  • Kurir Instant (seperti Gosend & GrabExpress).
    Pastikan lokasi outlet dan lokasi pelanggan telah terisi
  • Kurir Domestik jika pengiriman dilakukan oleh mitra pengiriman.
    Pilih Kurir dan Jenis Layanan Kurir.
    Pastikan berat produk, alamat outlet dan alamat pelanggan telah terisi.
  • Diambil sendiri oleh konsumen
  • Dine In
  • Tanggal kirim dan Jam Kirim (opsional)

Pilih Simpan setelah data dimasukkan.

10.  Pilih Dropshipper jika menggunakan sistem penjualan secara dropship

11.  Isi Diskon (per Invoice) atau Potongan Harga untuk memberikan diskon /potongan harga per invoice

12.  Klik Bayar

Selesaikan Transaksi di Halaman Pembayaran

13.  Masukkan Catatan Transaksi (opsional), berfungsi untuk memberi keterangan dari transaksi tersebut, contoh: PO 3 November 2019, diambil gojek, dll

14.  Pilih Tipe Pembayaran

15.  Masukkan Catatan Pembayaran (opsional). Contoh: nama bank dari kartu debit yang digunakan untuk pembayaran transaksi tersebut

16.  Pilih/masukkan nominal uang yang diterima

17.  Pilih Selesai

18.  Transaksi sukses
Selanjutnya silakan:

  • Pilih Cetak Invoice bila ingin mencetak invoice
  • Pilih Share E-invoice untuk mengirimkan invoice ke nomor WA konsumen
  • Pilih Penjualan Baru untuk kembali ke kasir awal

Apakah artikel ini membantu ?

Belum menemukan yang Anda cari ?

Kami dapat membantu Anda