Membuat Transaksi Penjualan (versi lengkap)

March 25, 2024

1.  Pilih Fasilitas Kasir / Penjualan

2.  Cari atau Tambah Pelanggan (opsional)

  • Cari nama, nomor telepon atau email di kolom pencarian
  • Klik icon untuk mencatat pelanggan baru. Data wajib yang diperlukan hanya Nama. Bila ingin menggunakan E-invoice, nomor WA handphone dan email pelanggan harus dimasukkan
3.  Cari Nama Produk atau Barcode Produk. Gunakan pengaturan kategori, kolom pencarian atau barcode produk untuk mempermudah pencarian.
4.  Pilih produk yang dimaksud beserta varian dan sub varian produk (bila ada)

5.  Masukkan jumlah produk dengan cara mengetuk produk sebanyak jumlah produk yang ingin ditransaksikan

6.  Atau atur jumlah produk, mencatat diskon per produk (opsional) atau mencatat permintaan khusus pada kolom di sebelah kanan layar. Dengan mengklik area produk di bagian kolom rekap (kanan layar).
Catatan yang dibuat dapat disimpan dan dipergunakan untuk transaksi yang lain.
Contoh: produk Nasi Goreng – Catatan nya : Pedas Sedang

7.  Pilih Harga Jual yang diinginkan.
Apabila Anda telah melakukan pengaturan harga bertingkat pada Fasilitas Produk, maka akan muncul pilihan harga jual bertingkat.

*Lakukan point no 4,5,6 dan 7 untuk semua produk yang ingin ditransaksikan

8.  Pilih More, (opsional)

9.  Pilih Diskon Per Transaksi untuk memberikan diskon bagi keseluruhan nominal total invoice)

10.  Pilih Ongkos Kirim jika ingin memasukkan biaya ongkos kirim. Anda dapat memilih:

  • Kurir dalam dan masukkan jumlah nominal nya, jika pengiriman dilakukan oleh staff toko
  • Kurir Instant (seperti Gosend & GrabExpress).
    Pastikan lokasi outlet dan lokasi pelanggan telah terisi
  • Kurir Domestik jika pengiriman dilakukan oleh mitra pengiriman.
    Pilih Kurir dan Jenis Layanan Kurir.
    Pastikan berat produk, alamat outlet dan alamat pelanggan telah terisi.
  • Konsumen Pickup
  • Dine In
  • Tanggal kirim dan Jam Kirim (opsional)

11.  Pilih Catatan Transaksi (opsional), berfungsi untuk memberi keterangan dari transaksi tersebut,
contoh: PO 3 nov 2019, diambil gojek, dll

12.  Pilih Sales Person bila ingin menyertakan nama sales person yang melayani penjualan. Pilih Dropshipper jika menggunakan sistem penjualan secara dropship.

13.  Pilih Bayar

14.  Pilih Tipe Pembayaran
Gunakan tipe pembayaran Digital Payment untuk menerima semua tipe pembayaran digital dan mengelola saldo dari 1 dompet outlet

15.  Pilih Nominal Pembayaran

  • Pilih jumlah nominal yg tertera dillayar, contoh 50.000, 100.000, atau 150.000
  • Pilih nominal lain jika jumlah pembayaran yang diterima tidak sesuai dengan nominal di layar atau bila ingin melakukan split bill.

16.  Catatan Pembayaran dan approval code (opsional) dapat digunakan sebagai pelengkap data pada tipe pembayaran kartu debit atau kartu kredit. Contoh : nama bank dari kartu yang digunakan untuk pembayaran. Silahkan atur biaya MDR kartu kredit apakah ditanggung oleh pembeli atau tidak di fasilitas Daftar Outlet.

17.  Transaksi sukses. Selanjutnya silahkan:

  • Pilih Share E-invoice untuk mengirimkan invoice ke nomor WA konsumen
  • Pilih Buka Cashdrawer
  • Pilih Print Resi untuk mencetak no. Resi
  • Pilih Print Invoice untuk mencetak invoice
  • Pilih Penjualan Baru + untuk kembali ke menu Penjualan

Apakah artikel ini membantu ?

Belum menemukan yang Anda cari ?

Kami dapat membantu Anda

Copyright PT. Rapupa Guna Teknologi 2019