Elementor #612

October 16, 2019

  1. Pilih Fasilitas Penjualan 
  2. Cari  atau Tambah Pelanggan (opsional)
    1. Cari nama, nomor telepon atau email di kolom pencarian
    2. Klik icon untuk mencatat pelanggan baru. Data wajib yang diperlukan hanya Nama. Bila ingin menggunakan E-invoice, nomor WA handphone dan email pelanggan harus dimasukkan
  3. Cari Nama Produk atau Barcode Produk. Gunakan pengaturan kategori, kolom pencarian atau barcode produk untuk mempermudah pencarian.
  4. Pilih produk yang dimaksud beserta varian dan sub varian produk (bila ada)
  5. Masukkan jumlah produk dengan cara mengetuk produk sebanyak jumlah produk yang ingin ditransaksikan atau atur jumlah produk di icon Keranjang
  6. Pilih icon Keranjang
  7. Pilih produk untuk mengatur jumlah produk, mencatat diskon per produk (opsional) atau mencatat permintaan khusus. Catatan yang dibuat dapat disimpan dan dipergunakan untuk transaksi yang lain.

 

Contoh : produk Lotek. Catatan nya : Tanpa Ketimun

 

         Lakukan point no 4,5,6 dan 7 untuk semua produk yang ingin ditransaksikan

 

  1. Pilih More, (optional) 
  2. Pilih Diskon Per Transaksi untuk memberikan diskon bagi keseluruhan nominal total invoice
  3. Pilih Ongkos Kirim jika ingin memasukkan biaya ongkos kirim.

 

Jenis pengiriman yang ada :

 

  1. Kurir dalam dan masukkan jumlah nominalnya, jika pengiriman dilakukan oleh staff toko.
  2. Kurir luar jika pengiriman dilakukan oleh mitra pengiriman. Pilih Kurir dan Jenis layanan kurir. Harap berat produk serta alamat lengkap tujuan pengiriman, terlebih dahulu dilengkapi di Menu Produk dan Menu Pelanggan

 

  1. Pilih  Catatan Transaksi (opsional), berfungsi untuk memberi keterangan dari transaksi tersebut, contoh : PO 3 nov 2019, diambil gojek, dll
  2. Pilih Sales Person bila ingin menyertakan nama sales person yang melayani penjualan
  3. Pilih Bayar
  4. Pilih Tipe Pembayaran
  5. Pilih Nominal Pembayaran
    1. Pilih jumlah nominal yg tertera dillayar, contoh 50.000, 100.000, atau 150.000
    2. Pilih nominal lain jika jumlah pembayaran yang diterima tidak sesuai dengan nominal di layar atau bila ingin melakukan split bill.
  6. Catatan Pembayaran dan approval code (opsional) dapat digunakan sebagai pelengkap data pada tipe pembayaran kartu debit atau kartu kredit. Contoh : nama bank dari kartu yang digunakan untuk pembayaran. Silahkan atur biaya MDR kartu kredit apakah ditanggung oleh pembeli atau tidak di fasilitas Daftar Outlet.
  7. Pilih V
  8. Transaksi sukses. Selanjutnya silahkan :
    1. Pilih Share E-invoice untuk mengirimkan invoice ke nomor WA konsumen
    2. PIlih Print Invoice untuk mencetak invoice
    3. Pilih Buka Cashdrawer
    4. Pilih Penjualan Baru + untuk kembali ke menu Penjualan

Apakah artikel ini membantu ?

Belum menemukan yang Anda cari ?

Kami dapat membantu Anda